Tuesday, July 31, 2012

PHP: MEMBUAT TANGGAL HARI INI


                Sebelumnya admin sudah menjelaskan “belajar PHP mudah dan menyenangkan” pada edisi kedua tulisan admin yang membahas tentang PHP, kali ini admin akan membagikan cara untuk membuat tanggal hari ini melalui skript PHP. Hal ini mengingatkan admin ketika ujian praktek untuk ujian sekolah matematika terapan di SMA Negeri 2 Pangkajene yang waktu itu admin mendapat bagian untuk membuat tanggal hari ini yang mana tangganya akan berganti apabila pengaturan tanggal-nya juga diganti/diubah.
                Adapun langkah untuk membuat PHP tanggal hari ini awalnya seperti pada penjelasan sebelumnya dimana kita harus mengaktifkan xampp setelah itu. 
  •  Bukalah aplikasi Notepad++, bisa juga dengan Notepad biasa.
  •  Tuliskan sintak html pada umumnya dan judul untuk halaman ini di Notepad++ seperti berikut

  •  Lalu isikan tulisan berikut di dalam tag body seperti berikut

                                $tanggal=date("j");
                                $hari=date("w");
                                $bulan=date("n");
                                $tahun=date("Y");
                                               
                switch ($hari)
                {
                                case 0:
                                $hari="Minggu";
                                                break;
                                case 1:
                                $hari="Senin";
                                                break;
                                case 2:
                                $hari="Selasa";
                                                break;
                                case 3:
                                $hari="Rabu";
                                                break;
                                case 4:
                                $hari="Kamis";
                                                break;
                                case 5:
                                $hari="Jum'at";
                                                break;
                                case 6:
                                $hari="Sabtu";
                                                break;
                                }
                                               
                switch ($bulan)
                {
                                case 1:
                                $bulan="Januari";
                                                break;
                                case 2:
                                $bulan="Februari";
                                                break;
                                case 3:
                                $bulan="Maret";
                                                break;  
                                case 4:
                                $bulan="April";
                                                break;
                                case 5:
                                $bulan="Mei";
                                                break;
                                case 6:
                                $bulan="Juni";
                                                break;
                                case 7:
                                $bulan="Juli";
                                                break;
                                case 8:
                                $bulan="Agustus";
                                                break;
                                case 9:
                                $bulan="September";
                                                break;
                                case 10:
                                $bulan="Oktober";
                                                break;
                                case 11:
                                $bulan="November";
                                                break;
                                case 12:
                                $bulan="Desember";
                                                break;
                }                             

                echo "Halo! Hari ini ".$hari.", ".$tanggal." ".$bulan." ".$tahun;
                ?>

  • Setelah selesai save file Notepad yang telah dibuat ke dalam folder htdocs dalam folder xampp. Beri judul, kalau admin memeberinya judul “date.php” lalu save.
  •  Buka browser internet seperti internet explorer atau Mozilla Firefox. Kali ini admin menggunakan mozilla Firefox. Setelah browser dibuka tulis alamat php yang di buat sebelumnya pada address bar. Dengan model sintak seperti ini

localhost/judul php yang dibuat
Lalu tekan enter.
Karena tadi admin membuat php dengan judul date.php maka sintak yang dibuat pada address bar seperti ini
localhost/date.php
tekan enter maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.
  • Untuk membuktikan bahwa php ini berfungsi sebagaimana mestinya kita ubah pengaturan kalender pada komputer anda. Misalkan saya mengubahnya menjadi tanggal 3 Agustus 2012.

  • Lalu referesh halaman Mozilla tadi. Maka tampilannya akan berubah seperti ini. 

  • Maka php tanggal hari ini yang kita buat sudah berhasil, selamat mencoba.

PELAKSANAAN UKG (UJI KOMPETENSI GURU)


                Kali ini admin akan membagikan informasi seputar apa saja aktifitas yang dilakukan pada hari pelaksanaan UKG, materi ini admin ambil dari buku “PEDOMAN UJI KOMPETENSI GURU” oleh “KEMENTRIAM PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKA DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN 2012” Pada halaman 18-20 pada buku itu menjelaskan beberapa aktifitas yang perlu dilakukan pada hari pelaksanaan UKG.
                PELAKSANAAN
Pada hari pelaksanaan UKG beberapa aktifitas yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.
a.       Pengecekan perangkat keras pendukung pelaksanaan UKG oleh petugas LPMP bersama teknisi di setiap lokasi satu hari sebelum pelaksanaan. Perangkat keras pendukung UKG Online memiliki spesifikasi PC Client minimal: Prosessor Intel Pentium 3-600Mhz, Memory 512mb, Hard Disk Free 5 Gb, CDROM (Wajib ada untuk booting sistem UKG Online), Monitor 14 inch, Keyboard dan Mouse Standard. Serta spesifikasi server minimal: Prosessor Intel Pentium 4-2.4Ghz, Memory 1Gb, Hard Disk Free 10Gb, CDROM, Monitor 14 Inch, Terkoneksi dengan Jaringan Interner minimal 256 kbps.
b.      Registrasi Peserta
1.       Registrasi peserta dilakukan pada hari pelaksanaan Ujian 30 menit sebelum pelaksanaan UKG online.
2.       Persyaratan yang wajib dibawa dan ditunjukkan pada saat registrasi yaitu: Format kartu Peserta UKG (dapat dicetak melalui aplikasi peserta UKG) , fotokopi sertifikat pendidik yang dilegalisir kepala sekolah dan KTP asli.
3.       Mengisi format registrasi yang telah disediakan oleh Panitia Kabupaten/Kota
4.       Melakukan login pada komputer.
5.       Mengisi perbaikan data individu (data individu wajib diisi seluruhnya).

c.       Pelaksanaan UKG
1)      UKG Online
UKG Online dimulai secara bersamaan disemua TEMPAT UKG pada tanggal 30 Juli 2012. UKG dilaksanakan selama 120 menit atau 2 jam. Pelaksanaan UKG tiap harinya dibagi dalam 2-3 gelombang. Pada setiap tempat UKG ada 2 (dua) orang petugas yang menfasilitasi pelaksanaan UKG yaitu 1 (satu) orang petugas dari LPMP dan 1 (satu) orang teknisi dari Dinas pendidikan Kabupaten/Kota. Setiap tempat UKG akan dipantau oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Kepala Sekolah yang ketempatan sebagai tempat UKG. Untuk menjamin kelancaran UKG Online, setiap tempat UKG terdapat 1 orang pembantu koordinator tempat UKG untuk menyelenggarakan kegiatan administratif, dan 1 orang tim teknis untuk mempersiapkan laboratorium komputer, akses jaringan intranet dan internet.
2)      UKG manual
UKG Manual dilaksanakan di sekolah yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota secara serentakpada waktu yang akan ditentukan kemudian.
                Aturan Pelaksanaan UKG Online
1.       Setiap ruangan ujian online diisi minimal 20 orang peserta atau disesuaikan dengan jumah komputer yang tersedia.
2.       Ujian dilaksanakan setentak dan setiap hari maksimal ada 3 gelombang ujian dalam 1 ruangan yang sama, jumlah gelombang tergantung pada jumlah peserta dan jumlah TUK.
3.       Waktu yang disediakan setiap gelombang ujian adalah 150 menit dengan rincian 30 menit untuk registrasi dan latihan menggunakan sistem ujian online yang dipandu oleh tim teknis, dan 120 menit untuk uji kompetensi yang sesungguhnya.
4.       Diantara setiap gelombang diberikan waktu istirahat selama 30 menit.
5.       Tim teknis mengarahkan dan membantu peserta dalam menggunakan sistem ujian online pada 30 menit pertama saat peserta dalam ruangan ujian.
6.       Setiap peserta ujian tidak diperkenankan membawa buku atau referensi, kamera, handphone, alat penyimpan data (falsh disk, eksternal harddisk, dan lain-lain) ke dalam ruangan ujian.
7.       Setiap peserta wajib mengikuti ujian sendiri dan tidak diperkenankan mewakilkan kepada orang lain. Jika ada peserta yang mewakilkan kepada orang lain dengan alasan apapun maka hak nya sebagai peserta uji kompetensi dianggap gugur.
8.       Tim teknik mempersiapkan laboratorium komputer (client server) sudah ON, maksimal 30 menit sebelum jadwal pelaksanaan ujian.

Saturday, July 28, 2012

FOTORESPIRASI:RELIK EVOLUSI?


                Sejak pertama kali tumbuhan berpindah ke daratan sekitar 475 tahun silam, tumbuhan telah beradaptasi terhadap masalah-masalah kehidupan darat, terutama masalah dehidrasi. Pada hari yang panas dan kering, sebagian besar tumbuhan menutup stomatanya, sebagai respon untuk mempertahankan air. Respon ini juga menurunkan hasil fotosintesis karena membatasi akses ke CO2. Bahkan dengan stomata yang tertutup sebagian, konsentrasi CO2 mulai menurun di rongga-rongga udara dalam daun, dan konsentrasi O2 yang dilepaskan dari reaksi terang mulai meningkat. Kondisi-kondisi dalam daun ini mengarah pada proses yang tampaknya sia-sia yang disebut fotorespirasi.
                Pada sebagian besar tumbuhan fiksasi awal karbon terjadi melalui rubisko, enzim siklus Calvin yang menambahkan CO2 ke ribulosa bifosfat. Tumbuhan semacam ini disebut C3 (C3 plant) karena produk organik pertama dari fiksasi karbon merupakan senyawa berkarbon-tiga, 3 fosfogliserat. Padi, Gandum, dan Kedelai merupakan tumbuhan C3. Ketika stomata tumbuhan tertutup sebagian pada hari yang kering dan panas, tumbuhan C3 menghasilkan lebih sedikit gula karena penurunan kadar CO2 dalam daun menghambat siklus calvin. Selain itu Rubisko dapat mengikat O2 sebagai ganti CO2. Ketika CO2 semakin jarang terdapat dalam rongga-rongga udara daun, rubisko menambahkan O2 ke Siklus Calvin, bukan CO2. Proses ini disebut fotorespirasi, karena terjadi saat ada cahaya (foto) dan mengomsumsi O2 sambil menghasilkan CO2 (respirasi). Akan tetapi tidak seperti respirasi selular normal, fotorespirasi tidak menghasilkan ATP; faktanya, fotorespirasi justru mengomsumsi ATP. Tidak seperti fotosintesis, fotorespirasi tidak menghasilkan gula.Faktanya, fotorespirasi bahkan menurunkan keluaran fotosintesis karena mengambil materi organik dari siklus calvin dan melepaskan CO2 yang seharusnya di fiksasi.
                Lalu, mengapa proses ini terdapat di tumbuhan yang jelas-jelas kontraproduktif bagi tumbuhan? Menurut salah satu hipotesis, fotorespirasi merupakan bawaan evolusi relik metabolik dari masa terdahulu ketika atmosfer mengandung lebih sedikit O2 dan lebih banyak CO2 daripada saat ini.
                Pada beberapa kasus setidaknya kita tahu bahwa fotorespirasi memainkan perang pelindung pada tumbuhan. Tumbuhan yang memiliki kelainan melakukan fotorespirasi (akibat gen yang cacat) lebih rawan terhadap kerusakan yang dipicu oleh cahaya berlebihan. Para peneliti menganggap ini sebagai bukti jelas bahwa fotorespirasi bertindak menetralkan produk-produk reaksi terang yang merusak, dan menumpuk ketika konsentrasi CO2 yang rendah membatasi kelanjutan siklus Calvin. Masih belum di ketahui apakah ada keuntungan lain dari fotorespirasi. 

Wednesday, July 25, 2012

VERMES

Nah, kali ini admin akan bagi-bagi presentasi yang admin buat waktu kelas X di SMA Negeri 2 Pangkejene. Waktu pembagian kelompok admin dapatnya materi vermes yang terbagi lagi menjadi Platyhelminthes, Nemathelmintes dan Annelida. Untuk lebih lanjut lihat saja presentasi ini.



Fighting! and Good Luck

Tuesday, July 24, 2012

TATA CARA UJI KOMPETENSI GURU ONLINE


                Kali ini para guru sedang sibuk mempersiapkan diri untuk mengikuti UKG (Uji Kompetensi Guru) secara Online. Banyak guru yang deg degan karena selama ini UKG online masih kurang diketahui tata cara pelaksanaannya dan bagaimana gambaran UKG online ini. Kemarin bapakku mengikuti seminar UKG Online ini dan diberikan video tata cara pelaksanaannya. Karena untuk memposting video memerlukan waktu yang lama maka saya menuliskan tata caranya sesuai dengan video-nya.
Tulisan saya kali ini akan menunjukkan bagaimana cara menggunakan Program Aplikasi Uji Kompetensi Guru (UKG) Online. Saat UKG nanti adapun hal-hal yang harus dibawa oleh peserta adalah:
·         Fotocopy sertifikat Pendidik
·         NUPTK, dan
·         KTP Asli
Cara menggunakan Program aplikasi Uji Kompetensi Guru.
1.       Pertama-tama peserta diminta memasukkan nomor peserta dan NUPTK seperti tampilan login di bawah ini.
2.       Masukkan nomor Peserta dan NUPTK dengan benar kemudian klik tombol Login. Seperti gambar di bawah ini.

3.       Jika nomor peserta dan NUPTK yang dimasukkan sudah benar, klik tombol Login
4.       Setelah klik tombol login maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.

5.       Pilih Mata ujian, kemudian klik tombol ikut ujian.
6.       Setelah itu akan muncul konfirmasi ujian seperti pada tampilan di bawah ini. Jika sudah benar klik tombol ikut ujian.
7.       Peserta telah masuk ke dalam aplikasi. Soal akan muncul secara acak.
8.       Untuk menjawab klik salah satu dari jawaban A sampai dengan D.
9.       Sebagai contoh saya memilih jawaban A maka tulisan jawaban A akan berwarna merah berkedip seperti gambar di bawah ini.

10.   Untuk beralih ke soal berikutnya, klik tombol panah kanan pada bagian atas aplikasi.

11.   Jika semua soal telah di selesaikan klik ikon dengan gambar tangan.

12.   Setelah klik ikon gambar tangan maka akan Muncul konfirmasi apakah yakin akan menyelesaikan ujian atau tidak. Klik ya jika sudah yakin.
13.   Lalu muncul konfirmasi seperti gambar di bawah ini

14.   Klik selesai untuk menyelesaikan. Klik lanjut untuk kembali ke halaman soal.
15.   Maka selesailah Uji Kompetensi Guru Online
Semoga bermanfaat, dan sukses menjalani Uji Kompetensinya. Fighting!! Do your best!

Monday, July 23, 2012

MAU KEREN? HARUS TAHU ISTILAH KEREN DALAM BAHASA INGGRIS


Dalam bahasa Indonesia dalam bahasa anak muda kita mengenal adanya istilah keren dan gaul. Begitu pula dalam bahasa Inggris ada bahasa keren dan Gaul. Yah kali ini admin akan memperlihatkan sedikit bahasa gaul dalam bahasa Inggris. Let’s Look and remember:

Fuddy-duddy                     : dull and conservative
Heebie-jeebies                   : nervousness
Helter-skelter                     : run about without direction
Higgledy–piggledy           : disorganised
Hob-nob                              : a quiet conservation
Hoity-toity                           : you think you are better than other people
Hubble-bubble                  : confused noises
Itty-bitty                              : something very small
Lovey-dovey                       : romantic
Mumbo Jumbo                 : Superstition
Nitty-gritty                          : precise details/to do point
Pell-mell                               : go very fast and without direction
Razzle-dazzle                     : lot of style
Tit-bit                                    : small piece of foot or gossip
Topsy turvy                         : everything is mixed up
Willy-nilly                             : leaving things unorganised
Windings                             : big party
Wishy-washy                     : not very strict or strong
Sekian istilah-istilah keren dalam bahasa inggris. Lumayan menambah pengetahuan kita dan tingkat ke-kerenan kita. Semoga bermanfaat.

Sunday, July 22, 2012

BUDAYA POLITIK DI INDONESIA


Ada yang lagi sibuk cari-cari tentang budaya politik di Indonesia. Ini dia makalah tugas yang aku buat untuk tugas kelas XI tetang budaya politik di Indonesia. Semoga bermanfaat.

CIRI-CIRI BUDAYA POLITIK
1. Memberi penekanan pada perilaku berupa sikap,pandangan,ataupun kepercayaan
2. Orientasinya terhdap sistem politk
3. Menggambarkan masyarakat dalam suatu negara
4. Budaya poltik menyangkut masalah legitimasi
5. Budaya politik menyangkut perilaku aparat negara
6. Budaya politik menyangkut proses pembuatan kebijakan pemerintah.
MACAM-MACAM BUDAYA POLITIK
1. Berdasarkan Sikap Yang Ditunjukkan
Pada negara yang memiliki sistem ekonomi dan teknologi yang kompleks, menuntut kerja sama yang luas untuk memper padukan modal dan keterampilan. Jiwa kerja sama dapat diukur dari sikap orang terhadap orang lain. Pada kondisi ini budaya politik memiliki kecenderungan sikap ”militan” atau sifat ”tolerasi”.
a. Budaya Politik Militan
Budaya politik dimana perbedaan tidak dipandang sebagai usaha mencari alternatif yang terbaik, tetapi dipandang sebagai usaha jahat dan menantang. Bila terjadi kriris, maka yang dicari adalah kambing hitamnya, bukan disebabkan oleh peraturan yang salah, dan masalah yang mempribadi selalu sensitif dan membakar emosi.
b. Budaya Politik Toleransi
Budaya politik dimana pemikiran berpusat pada masalah atau ide yang harus dinilai, berusaha mencari konsensus yang wajar yang mana selalu membuka pintu untuk bekerja sama. Sikap netral atau kritis terhadap ide orang, tetapi bukan curiga terhadap orang.
Jika pernyataan umum dari pimpinan masyarakat bernada sangat militan, maka hal itu dapat men ciptakan ketegangan dan menumbuhkan konflik. Kesemuanya itu menutup jalan bagi pertumbuhan kerja sama. Pernyataan dengan jiwa tolerasi hampir selalu mengundang kerja sama. Berdasarkan sikap terhadap tradisi dan perubahan. Budaya Politik terbagi atas :
a. Budaya Politik Yang memiliki Sikap Mental Absolut
Budaya politik yang mempunyai sikap mental yang absolut memiliki nilai-nilai dan kepercayaan yang. dianggap selalu sempurna dan tak dapat diubah lagi. Usaha yang diperlukan adalah intensifikasi dari kepercayaan, bukan kebaikan. Pola pikir demikian hanya memberikan perhatian pada apa yang selaras dengan mentalnya dan menolak atau menyerang hal-hal yang baru atau yang berlainan (bertentangan). Budaya politik yang bernada absolut bisa tumbuh dari tradisi, jarang bersifat kritis terhadap tradisi, malah hanya berusaha memelihara kemurnian tradisi. Maka, tradisi selalu dipertahankan dengan segala kebaikan dan keburukan. Kesetiaan yang absolut terhadap tradisi tidak memungkinkan pertumbuhan unsur baru.
b. Budaya Politik Yang memiliki Sikap Mental Akomodatif
Struktur mental yang bersifat akomodatif biasanya terbuka dan sedia menerima apa saja yang dianggap berharga. Ia dapat melepaskan ikatan tradisi, kritis terhadap diri sendiri, dan bersedia menilai kembali tradisi berdasarkan perkembangan masa kini.
Tipe absolut dari budaya politik sering menganggap perubahan sebagai suatu yang membahayakan. Tiap perkembangan baru dianggap sebagai suatu tantangan yang berbahaya yang harus dikendalikan. Perubahan dianggap sebagai penyimpangan. Tipe akomodatif dari budaya politik melihat perubahan hanya sebagai salah satu masalah untuk dipikirkan. Perubahan mendorong usaha perbaikan dan pemecahan yang lebih sempurna.
1. Berdasarkan Orientasi Politiknya
Realitas yang ditemukan dalam budaya politik, ternyata memiliki beberapa variasi. Berdasarkan orientasi politik yang dicirikan dan karakter-karakter dalam budaya politik, maka setiap sistem politik akan memiliki budaya politik yang berbeda. Perbedaan ini terwujud dalam tipe-tipe yang ada dalam budaya politik yang setiap tipe memiliki karakteristik yang berbeda-beda.
Dari realitas budaya politik yang berkembang di dalam masyarakat, Gabriel Almond mengklasifikasikan budaya politik sebagai berikut :
a. Budaya politik parokial (parochial political culture), yaitu tingkat partisipasi politiknya sangat rendah, yang disebabkan faktor kognitif (misalnya tingkat pendidikan relatif rendah).
b. Budaya politik kaula (subyek political culture), yaitu masyarakat bersangkutan sudah relatif maju (baik sosial maupun ekonominya) tetapi masih bersifat pasif.
c. Budaya politik partisipan (participant political culture), yaitu budaya politik yang ditandai dengan kesadaran politik sangat tinggi.
Dalam kehidupan masyarakat, tidak menutup kemungkinan bahwa terbentuknya budaya politik merupakan gabungan dari ketiga klasifikasi tersebut di atas. Tentang klasifikasi budaya politik di dalam masyarakat lebih lanjut adalah sebagai berikut.
No
Budaya Politik
Uraian / Keterangan
1.
Parokial
a. Frekuensi orientasi terhadap sistem sebagai obyek umum, obyek-obyek input, obyek-obyek output, dan pribadi sebagai partisipan aktif mendekati nol.
b. Tidak terdapat peran-peran politik yang khusus dalam masyarakat.
c. Orientasi parokial menyatakan alpanya harapan-harapan akan perubahan yang komparatif yang diinisiasikan oleh sistem politik.
d. Kaum parokial tidak mengharapkan apapun dari sistem politik.
e. Parokialisme murni berlangsung dalam sistem tradisional yang lebih sederhana dimana spesialisasi politik berada pada jenjang sangat minim.
f. Parokialisme dalam sistem politik yang diferensiatif lebih bersifat afektif dan normatif dari pada kognitif.
2.
Subyek/Kaula
a. Terdapat frekuensi orientasi politik yang tinggi terhadap sistem politik yang diferensiatif dan aspek output dari sistem itu, tetapi frekuensi orientasi terhadap obyek-obyek input secara khusus, dan terhadap pribadi sebagai partisipan yang aktif mendekati nol.
b. Para subyek menyadari akan otoritas pemerintah
c. Hubungannya terhadap sistem plitik secara umum, dan terhadap output, administratif secara esensial merupakan hubungan yang pasif.
d. Sering wujud di dalam masyarakat di mana tidak terdapat struktur input yang terdiferensiansikan.
e. Orientasi subyek lebih bersifat afektif dan normatif daripada kognitif.
3.
Partisipan
a. Frekuensi orientasi politik sistem sebagai obyek umum, obyek-obyek inputoutput, dan pribadi sebagai partisipan aktif mendekati satu.
b. Bentuk kultur dimana anggota-anggota masyarakat cenderung diorientasikan secara eksplisit terhadap sistem politik secara komprehensif dan terhadap struktur dan proses politik serta administratif (aspekinput dan output sistem politik)
c. Anggota masyarakat partisipatif terhadap obyek politik
d. Masyarakat berperan sebagai aktivis.
Kondisi masyarakat dalam budaya politik partisipan mengerti bahwa mereka berstatus warga negara dan memberikan perhatian terhadap sistem politik. Mereka memiliki kebanggaan terhadap sistem politik dan memiliki kemauan untuk mendiskusikan hal tersebut. Mereka memiliki keyakinan bahwa mereka dapat mempengaruhi pengambilan kebijakan publik dalam beberapa tingkatan dan memiliki kemauan untuk mengorganisasikan diri dalam kelompok-kelompok protes bila terdapat praktik-praktik pemerintahan yang tidak fair.
Budaya politik partisipan merupakan lahan yang ideal bagi tumbuh suburnya demokrasi. Hal ini dikarenakan terjadinya harmonisasi hubungan warga negara dengan pemerintah, yang ditunjukan oleh tingkat kompetensi politik, yaitu menyelesaikan sesuatu hal secara politik, dan tingkat efficacy atau keberdayaan, karena mereka merasa memiliki setidaknya kekuatan politik yang ditunjukan oleh warga negara. Oleh karena itu mereka merasa perlu untuk terlibat dalam proses pemilu dan mempercayai perlunya keterlibatan dalam politik. Selain itu warga negara berperan sebagai individu yang aktif dalam masyarakat secara sukarela, karena adanya saling percaya (trust) antar warga negara. Oleh karena itu dalam konteks politik, tipe budaya ini merupakan kondisi ideal bagi masyarakat secara politik.
Budaya Politik subyek lebih rendah satu derajat dari budaya politikpartisipan. Masyarakat dalam tipe budaya ini tetap memiliki pemahaman yang sama sebagai warga negara dan memiliki perhatian terhadap sistem politik, tetapi keterlibatan mereka dalam cara yang lebih pasif. Mereka tetap mengikuti berita-berita politik, tetapi tidak bangga terhadap sistem politik negaranya dan perasaan komitmen emosionalnya kecil terhadap negara. Mereka akan merasa tidak nyaman bila membicarakan masalah-masalah politik.
Demokrasi sulit untuk berkembang dalam masyarakat dengan budaya politik subyek, karena masing-masing warga negaranya tidak aktif. Perasaan berpengaruh terhadap proses politik muncul bila mereka telah melakukan kontak dengan pejabat lokal. Selain itu mereka juga memiliki kompetensi politik dan keberdayaan politik yang rendah, sehingga sangat sukar untuk mengharapkan artisipasi politik yang tinggi, agar terciptanya mekanisme kontrol terhadap berjalannya sistem politik.
Budaya Politik parokial merupakan tipe budaya politik yang paling rendah, yang didalamnya masyarakat bahkan tidak merasakan bahwa mereka adalah warga negara dari suatu negara, mereka lebih mengidentifikasikan dirinya pada perasaan lokalitas. Tidak terdapat kebanggaan terhadap sistem politik tersebut. Mereka tidak memiliki perhatian terhadap apa yang terjadi dalam sistem politik, pengetahuannya sedikit tentang sistem politik, dan jarang membicarakan masalah-masalah politik.
Budaya politik ini juga mengindikasikan bahwa masyarakatnya tidak memiliki minat maupun kemampuan untuk berpartisipasi dalam politik. Perasaan kompetensi politik dan keberdayaan politik otomatis tidak muncul, ketika berhadapan dengan institusi-institusi politik. Oleh karena itu terdapat kesulitan untuk mencoba membangun demokrasi dalam budaya politik parokial, hanya bisa bila terdapat institusi-institusi dan perasaan kewarganegaraan baru. Budaya politik ini bisa dtemukan dalam masyarakat suku-suku di negara-negara belum maju, seperti di Afrika, Asia, dan Amerika Latin.
Namun dalam kenyataan tidak ada satupun negara yang memiliki budaya politik murni partisipan, pariokal atau subyek. Melainkan terdapat variasi campuran di antara ketiga tipe-tipe tersebut, ketiganya menurut Almond dan Verbatervariasi ke dalam tiga bentuk budaya politik, yaitu :
a. Budaya politik subyek-parokial (the parochial- subject culture)
b. Budaya politik subyek-partisipan (the subject-participant culture)
c. Budaya politik parokial-partisipan (the parochial-participant culture)

PENERTIAN SOSIALISASI POLITIK
A.   Sosialisasi Politik, merupakan salah satu dari fungsi-fungsi input sistem politik yang berlaku di negara-negara manapun juga baik yang menganut sistem politik demokratis, otoriter, diktator dan sebagainya.
B.   Sosialisasi politik, merupakan proses pembentukan sikap dan orientasi politik pada anggota masyarakat.
C.   Gabriel A. Almond Sosialisasi politik menunjukkan pada proses dimana sikap-sikap politik dan pola-pola tingkah laku politik diperoleh atau dibentuk, dan juga merupakan sarana bagi suatu generasi untuk menyampaikan patokan-patokan politik dan keyakinan-keyakinan politik kepada generasi berikutnya.
D.   Irvin L. Child Sosialisasi politik adalah segenap proses dengan mana individu, yang dilahirkan dengan banyak sekali jajaran potensi tingkah laku, dituntut untuk mengembangkan tingkah laku aktualnya yang dibatasi di dalam satu jajaran yang menjadi kebiasaannya dan bisa diterima olehnya sesuai dengan standar-standar dari kelompoknya.
E.   S.N. Eisentadt, dalam From Generation to Ganeration Sosialisasi politik adalah komunikasi dengan dan dipelajari oleh manusia lain, dengan siapa individu-individu yang secara bertahap memasuki beberapa jenis relasi-relasi umum. Oleh Mochtar Mas’oed disebut dengan transmisi kebudayaan.
F.    Denis Kavanagh Sosialisasi politik merupakan suatu proses dimana seseorang mempelajari dan menumbuhkan pandangannya tentang politik.


ALAT-ALAT PERANTARA SOSIALISASI POLITIK.
Adapun sarana alat yang dapat dijadikan sebagai perantara/sarana dalam sosialisasi politik, antara lain :
1)   Keluarga (family)
Wadah penanaman (sosialisasi) nilai-nilai politik yang paling efisien dan efektif adalah di dalam keluarga. Di mulai dari keluarga inilah antara orang tua dengan anak, sering terjadi “obrolan”  politik ringan tentang segala hal, sehingga tanpa disadari terjadi tranfer pengetahuan dan nilai-nilai politik tertentu yang diserap oleh si anak.
2)     Sekolah
Di sekolah melalui pelajaran civics education (pendidikan kewarganegaraan), siswa dan gurunya saling bertukar informasi dan berinteraksi dalam membahas topik-topik tertentu yang mengandung nilai-nilai politik teoritis maupun praktis. Dengan demikian, siswa telah memperoleh pengetahuan awal tentang kehidupan berpolitik secara dini dan nilai-nilai politik yang benar dari sudut pandang akademis.
3)     Partai Politik
Salah satu fungsi dari partai politik adalah dapat memainkan peran sebagai sosialisasi politik. Ini berarti partai politik tersebut setelah merekrut anggota kader maupun simpati-sannya secara periodik maupun pada saat kampanye, mampu menanamkan nilai-nilai dan norma-norma dari satu generasi ke generasi berikutnya. Partai politik harus mampu men-ciptakan “image” memperjuangkan kepentingan umum, agar mendapat dukungan luas dari masyarakat dan senantiasa dapat memenangkan pemilu.
Khusus pada masyarakat primitif,  proses sosialisasi terdapat banyak perbedaan. Menurut Robert Le Vine yang telah menyelidiki sosialisasi di kalangan dua suku bangsa di Kenya Barat Daya: kedua suku bangsa tersebut merupakan kelompok-kelompok yang tidak tersentralisasi dan sifatnya patriarkis. Mereka mempunyai dasar penghidupan yang sama dan ditandai ciri karakteristik oleh permusuhan berdarah. Akan tetapi, suku Neuer pada dasarnya bersifat egaliter (percaya semua orang sama derajatnya) dan pasif, sedangkan suku Gusii bersifat otoriter dan agresif. Anak dari masing-masing suku didorong dalam menghayati tradisi mereka masing-masing.

BUDAYA POLITIK YANG BERKEMBANG DI MASYARAKAT INDONESIA
            Masyarakat Indonesia sangat heterogen. Heterogenitas bangsa Indonesia tidak dalam arti budaya saja melainkan membawa pengaruh yang sangat besar terhadap budaya politik bangsanya. Bentuk budaya politik Indonesia merupakan subbudaya atau budaya subnasional yang dibawa oleh pelaku-pelaku politik hingga terjadi Interaksi, kerja sama dan persaingan antar-subbudaya politik itu. Interaksi dan pertemuan-pertemuan antar subbudaya itu melatarbelakangi tingkah laku para aktor politik yang terlibat dalam pentas panggung politik nasional.
            Menurut Rusadi, budaya politik Indonesia hingga dewasa ini belum banyak mengalami perubahann pergeseran dan perpindahan yang berarti. Walaupun sistem politiknya sudah beberapa kali mengalami perubahan ditinjau dari pelembagaan formal. Misalnya sistem politik demokrasi liberal ke sistem politik demokrasi terpimpin dan ke sistem politik demokrasi pancasila. Budaya politik yang berlaku dalam sistem perpolitikan Indonesia relatif konstan.
            Di era reformasi sekarang ini sistem politik Indonesia mengalami perkembangan yang cukup bagus dan lebih demokratis dalam melibatkan partisipan dalam berbagai macam kegiatan politik seperti pemilu langsung untuk memilih wakil rakyat.
            Dalam pembentukan budaya politik budaya politik nasional, terdapat beberapa unsur yang berpengaruh, yaitu sebagai berikut :
a.      Unsur subbudaya politik yang berbentuk budaya politik asal.
b.      Anaka rupa subbudaya politik yang berasal dari luar lingkungan tempat budaya politik asal itu berada.
c.       Budaya Politik Nasional itu sendiri.

Lebih jauh lagi pertumbuhan politik nasional dapat dibagi dalam beberapa tahap.
a.      Berlakunya politik nasional yang sedang berada dalam proses pembentukannya.
b.      Budaya politik nasional yang tengah mengalami proses pematangan. Pada tahap ini, budaya politik nasional pada dasarnya sudah ada, akan tetapi masih belum matang.
c.       Budaya politik nasional yang sudah mapan yaitu budaya politik yang telah diakui keberadaannya secara nasional.
   
PERKEMBANGAN BUDAYA POLITIK DI INDONESIA.
Budaya yang berasal dari kata ‘buddhayah’ yang berarti akal, atau dapat juga didefinisikan secara terpisah yaitu dengan dua buah kata ‘budi’ dan ‘daya’ yang apabila digabungkan menghasilkan sintesa arti mendayakan budi, atau menggunakan akal budi tersebut. Bila melihat budaya dalam konteks politik hal ini menyangkut dengan sistem politik yang dianut suatu negara beserta segala unsur (pola bersikap & pola bertingkah laku) yang terdapat didalamnya.
            Sikap & tingkah laku politik seseorang menjadi suatu obyek penanda gejala-gejala politik yang akan terjadi pada orang tersebut dan orang-orang yang berada di bawah politiknya. Contohnya ialah jikalau seseorang telah terbiasa dengan sikap dan tingkah laku politik yang hanya tahu menerima, menurut atau memberi perintah tanpa mempersoalkan atau memberi kesempatan buat mempertanyakan apa yang terkandung dalan perintah itu. Dapat diperkirakan orang itu akan merasa aneh, canggung atau frustasi bilamana ia berada dalam lingkungan masyarakatnya yang kritis, yang sering, kalaulah tidak selalu, mempertanyakan sesuatu keputusan atau kebijaksanaan politik.
            Golongan elit yang strategis seperti para pemegang kekuasaan biasanya menjadi objek pengamatan tingkah laku ini, sebab peranan mereka biasanya amat menentukan walau tindakan politik mereka tidak selalu sejurus dengan iklim politik lingkungannya. Golongan elit strategis biasanya secara sadar memakai cara-cara yang tidak demokratis guna menyearahkan masyarakatnya untuk menuju tujuan yang dianut oleh golongan ini. Kemerosotan demokratisasi biasanya terjadi disini, walaupun mungkin terjadi kemajuan pada beberapa bidang seperti bidang ekonomi dan yang lainnya.
            Kebudayaan politik Indonesia pada dasarnya bersumber pada pola sikap dan tingkah laku politik yang majemuk. Namun dari sinilah masalah-masalah biasanya bersumber. Mengapa? Dikarenakan oleh karena golongan elite yang mempunyai rasa idealisme yang tinggi. Akan tetapi kadar idealisme yang tinggi itu sering tidak dilandasi oleh pengetahuan yang mantap tentang realita hidup masyarakat. Sedangkan masyarakat yang hidup di dalam realita ini terbentur oleh tembok kenyataan hidup yang berbeda dengan idealisme yang diterapkan oleh golongan elit tersebut. Contohnya, seorang kepala pemerintahan yang mencanangkan program wajib belajar 9 tahun demi meningkatkan mutu pendidikan, namun pada aplikasinya banyak anak-anak yang pada jenjang pendidikan dasar putus sekolah dengan berbagai alasan, seperti tidak memiliki biaya. Hal ini berarti idealisme itu tidak diimplikasikan secara riil dan materiil ke dalam masyarakat yang terlibat dibawah politiknya.
            Idealisme diakui memanglah penting. Tetapi bersikap berlebihan atas idealisme itu akan menciptakan suatu ideologi yang sempit yang biasanya akan menciptakan suatu sikap dan tingkahlaku politik yang egois dan mau menang sendiri. Demokrasi biasanya mampu menjadi jalan penengah bagi atas polemik ini.
            Indonesia sendiri mulai menganut sistem demokrasi ini sejak awal kemerdeka-annya yang dicetuskan di dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Demokrasi dianggap merupakan  sistem yang cocok di Indonesia karena kemajemukan masyarakat di Indonesia. Oleh karena itu Demokrasi yang dilakukan dengan musyawarah mufakat berusaha untuk mencapai obyektifitas dalam berbagai bidang yang secara khusus adalah politik. Kondisi obyektif tersebut berperan untuk menciptakan iklim pemerintahan yang kondusif di Indonesia. Walaupun demikian, perilaku politik manusia di Indonesia masih memiliki corak-corak yang menjadikannya sulit untuk menerapkan Demokrasi yang murni.
            Corak pertama terdapat pada golongan elite strategis, yakni kecenderungan untuk memaksakan subyektifisme mereka agar menjadi obyektifisme, sikap seperti ini biasanya melahirkan sikap mental yang otoriter/totaliter. Corak kedua terdapat pada anggota masyarakat biasa, corak ini bersifat emosional-primordial. Kedua cirak ini tersintesa sehingga menciptakan suasana politik yang otoriter/totaliter.
            Sejauh ini kita sudah mengetahui adanya perbedaan atau kesenjangan antara corak-corak sikap dan tingkah laku politik yang tampak berlaku dalam masyarakat dengan corak sikap dan tingkahlaku politik yang dikehendaki oleh Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Kita tahu bahwa manusia Indonesia sekarang ini masih belum mencerminkan nilai-nilai Pancasila itu dalam sikap dan tingkah lakunya sehari-hari. Kenyataan tersebutlah yang hendak kita rubah dengan nilai-nilai idealisme pancasila, untuk mencapai manusia yang paling tidak mendekati kesempurnaan dalam konteks Pancasila.
            Esensi manusia ideal tersebut harus dikaitkan pada konsep “dinamika dalam kestabilan”. Arti kata dinamik disini berarti berkembang untuk menjadi lebih baik. Misalkan kepada suatu generasi diwariskan suatu undang-undang, diharapkan dengan dinamika yang ada dalam masyarakat tersebut dapat menjadikan Undang-Undang tersebut bersifat luwes dan fleksibel, sehingga tanpa menghilangkan nilai-nilai esensi yang ada, generasi tersebut terus berkembang. Dinamika dan kemerdekaan berpikir tersebut diharapkan mampu untuk memperkokoh persatuan dan memupuk pertumbuhan.
            Yang menjadi persoalan kini ialah bagaimana dapat menjadikan individu-individu yang berada di masyarakat Indonesia untuk mempunyai ciri “dinamika dalam kestabilan” yakni menjadi manusia yang ideal yang diinginkan oleh Pancasila. Maka disini diperlukanlah suatu proses yang dinamakan sosialisasi, sosialisasi Pancasila. Sosalisasi ini jikalau berjalan progressif dan berhasil maka kita akan meimplikasikan nilai-nilai Pancasila kedalam berbagai bidang kehidupan. Dari penanaman-penanaman nilai ini akan melahirkan kebudayaan-kebudayaan yang berideologikan Pancasila. Proses kelahiran ini akan memakan waktu yang cukup lama, jadi kita tidak bisa mengharapkan hasil yang instant terjadinya pembudayaan.
            Dua faktor yang memungkinkan keberhasilan proses pembudayaan nilai-nilai dalam diri seseorang yaitu sampai nilai-nilai itu berhasil tertanam di dalam dirinya dengan baik. Kedua faktor itu adalah:
  1. Emosional psikologis, faktor yang berasal dari hatinya
  2. Rasio, faktor yang berasal dari otaknya
Jikalau kedua faktor tersebut dalam diri seseorang kompatibel dengan nilai-nilai Pancasila maka pada saat itu terjadilah pembudayaan Pancasila itu dengan sendirinya.
Tentu saja tidak hanya kedua faktor tersebut. Segi lain pula yang patut diperhaikan dalam proses pembudayaan adalah masalah waktu. Pembudayaan tidak berlangsung secara instan dalam diri seseorang namun melalui suatu proses yang tentunya membutuhkan tahapan-tahapan yang adalah pengenalan-pemahaman-penilaian-penghayatan-pengamalan. Faktor kronologis ini berlangsung berbeda untuk setiap kelompok usia.
Melepaskan kebiasaan yang telah menjadi kebudayaan yang lama merupakan suatu hal yang berat, namun hal tersebutlah yang diperlukan oleh bangsa Indonesia.  Sekarang ini bangsa kita memerlukan suatu transformasi budaya sehingga membentuk budaya yang memberikan ciri Ideal kepada setiap Individu yakni berciri seperti manusia yang lebih Pancasilais. Transformasi iu memerlukan tahapan-tahapan pemahaman dan penghayatan yang mendalam yang terkandung di dalam nilai-nilai yang menuntut perubahan atau pembaharuan. Keberhasilan atau kegagalan pembudayaan dan beserta segala prosesnya akan menentukan jalannya perkembangan politik yang ditempuh oleh bangsa Indonesia di masa depan.

FAKTOR PENYEBAB BERKEMBANGNYA BUDAYA POLITIK DI INDONESIA
(1) Tingkat pendidikan masyarakat sebagai kunc utama perkembangan budaya politik masyarakat
(2) Tingkat ekonomi masyarakat, semakin tinggi tingkat ekonomi/sejahtera masyarakat maka partisipasi masyarakat pun semakin besar
(3) Reformasi politik/political will (semangat merevisi dan mengadopsi system politik yang lebih baik)
(4) Supremasi hukum (adanya penegakan hukum yang adil,independen,dan Bebas)
(5) Media komunikasi yang independen (berfungsi sebagai control sosial,bebas,dan  mandiri) 

Review Hadalabo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion

Kali ini saya mau review hadalabo gokujyun ultimate moisturizing lotion untuk kulit kering dan normal. Hasil review ini setelah pemakaian 2 ...